PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MAPEL BAHASA INDONESIA DI KELAS V

SUCIANA, - (2025) PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DENGAN LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MAPEL BAHASA INDONESIA DI KELAS V. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1942Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1785Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (e-LKPD) berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan platform Liveworksheets untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Negeri 1 Tanjung Gading. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya interaktivitas pembelajaran dan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Indonesia, khususnya teks fiksi dan nonfiksi. Pengembangan e-LKPD diharapkan mampu menghadirkan pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, serta mendorong kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Tahap analisis dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran guru dan siswa. Tahap desain menghasilkan rancangan eLKPD berbasis PBL yang memanfaatkan fitur interaktif Liveworksheets. Pada tahap pengembangan dilakukan pembuatan produk dan proses validasi oleh para ahli. Implementasi dilakukan pada siswa kelas V untuk mengukur kepraktisan dan efektivitas produk, sedangkan evaluasi digunakan untuk menilai kualitas dan perbaikan e-LKPD berdasarkan masukan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis PBL terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pemahaman terhadap teks fiksi dan nonfiksi. Siswa menunjukkan peningkatan motivasi, keterlibatan aktif, serta peningkatan nilai tes secara signifikan. Validitas instrumen, kepraktisan, dan efektivitas produk memperoleh kategori baik hingga sangat baik. Dengan demikian, e-LKPD ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi di sekolah dasar. Kata Kunci: e-LKPD, Problem Based Learning (PBL), Liveworksheets, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia This research aims to develop a Problem-Based Learning (PBL)-based Electronic Student Worksheet (e-LKPD) using the Liveworksheets platform to improve student learning outcomes in the Indonesian language subject for fifth-grade students at SD Negeri 1 Tanjung Gading. The background of this research is the low interactivity of learning and students' low understanding of Indonesian language material, particularly fiction and nonfiction texts. The development of e-LKPD is expected to provide more engaging, interactive learning and encourage students' critical thinking skills. The research used a Research and Development (R&D) approach with the ADDIE model. The analysis phase was conducted to identify the learning needs of teachers and students. The design phase resulted in a PBL-based e-LKPD that utilizes the interactive features of Liveworksheets. The development phase involved product creation and validation by experts. Implementation was conducted with fifth-grade students to measure the product's practicality and effectiveness, while evaluation was used to assess the quality and improvement of the e-LKPD based on user feedback. The results showed that the PBL-based e-LKPD was proven effective in improving student learning outcomes, particularly in understanding fiction and nonfiction texts. Students demonstrated increased motivation, active engagement, and significant improvements in test scores. Instrument validity, practicality, and product effectiveness were rated good to excellent. Thus, this e-LKPD contributes to the development of technology-based interactive learning media in elementary schools. Keywords: e-LKPD, Problem-Based Learning (PBL), Liveworksheets, Learning Outcomes, Indonesian

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S2 Magister Keguruan Guru SD (KGSD)
Pengguna Deposit: 2507832098 Digilib
Date Deposited: 18 Dec 2025 03:17
Terakhir diubah: 18 Dec 2025 03:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/94359

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir