Kamaludin (Alm), BINTI NURHABIBAH (2013) PENGARUH STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP IT Baitul Muslim Tahun Pelajaran 2011/2012). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HAL PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. HAL PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (192Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (314Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (278Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (183Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3082Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini menggunakan strategi LSQ dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan strategi LSQ terhadap penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup, 2) mengetahui penggunaan strategi LSQ mampu meningkatkan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup. Penelitian ini menggunakan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII A D sebagai kelas eksperimen. Pemilihan sampel secara cluster random sampling. Data penelitian berupa nilai penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari tes awal dan tes akhir, yang kemudian dicari N-gain, dan selanjutnya dianalisis menggunakan uji t dan uji U (Mann Whitney Test) melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi LSQ sebesar 69,63 meningkat 16,30% dari rata-rata sebelumnya yang hanya sebesar 53,33. Sedangkan rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi LSQ sebesar 62,50 hanya meningkat 9,39% dari rata-rata sebelumnya sebesar 53,21. Sementara itu pada penelitian ini juga menunjukkan terjadinya peningkatan penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 33,53 lebih tinggi dari N-gain kelas kontrol 18,73 dengan taraf kepercayaan sebesar 95%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan penerapan strategi pembelajaran LSQ dapat meningkatkan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup. Kata kunci : ciri-ciri makhluk hidup, Learning Start with a Question, penguasaan materi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 06:13 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 06:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1009 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |