PENGARUH STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP IT Baitul Muslim Tahun Pelajaran 2011/2012)

Kamaludin (Alm), BINTI NURHABIBAH (2013) PENGARUH STRATEGI LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP PENGUASAAN MATERI OLEH SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP IT Baitul Muslim Tahun Pelajaran 2011/2012). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. HAL PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (145Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. HAL PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (126Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (192Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (314Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (278Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3082Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini menggunakan strategi LSQ dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh penggunaan strategi LSQ terhadap penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup, 2) mengetahui penggunaan strategi LSQ mampu meningkatkan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup. Penelitian ini menggunakan desain pretes-postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII A D sebagai kelas eksperimen. Pemilihan sampel secara cluster random sampling. Data penelitian berupa nilai penguasaan materi oleh siswa yang diperoleh dari tes awal dan tes akhir, yang kemudian dicari N-gain, dan selanjutnya dianalisis menggunakan uji t dan uji U (Mann Whitney Test) melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan strategi LSQ sebesar 69,63 meningkat 16,30% dari rata-rata sebelumnya yang hanya sebesar 53,33. Sedangkan rata-rata penguasaan materi oleh siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan strategi LSQ sebesar 62,50 hanya meningkat 9,39% dari rata-rata sebelumnya sebesar 53,21. Sementara itu pada penelitian ini juga menunjukkan terjadinya peningkatan penguasaan materi siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 33,53 lebih tinggi dari N-gain kelas kontrol 18,73 dengan taraf kepercayaan sebesar 95%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan penerapan strategi pembelajaran LSQ dapat meningkatkan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Ciri-ciri Makhluk Hidup. Kata kunci : ciri-ciri makhluk hidup, Learning Start with a Question, penguasaan materi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 10 Feb 2014 06:13
Terakhir diubah: 10 Feb 2014 06:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1009

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir