Murni Ariyanti, 1115023042 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LAJU REAKSI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (203Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (229Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (266Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (263Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (215Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1942Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi; (2) Mendeskripsikan karak-teristik LKS yang dikembangkan; (3) Mendeskripsikan tanggapan guru terhadap LKS yang dikembangkan; dan (4) Mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2013) dengan subyek penelitian adalah LKS berbasis pendekatan saintifik. Penelitian dimulai dengan melakukan studi penda-huluan yang terdiri dari studi kepustakaan dan studi lapangan. Studi lapangan dilaksanakan di enam SMA kabupaten Lampung Utara diantaranya SMAN 1 Kotabumi, SMAN 3 Kotabumi, SMAN 1 Abung Selatan, SMA Prima Kotabumi, SMA Jayabaya, dan SMA Kemala Bhayangkari. Selanjutnya menyusun rancang-an produk LKS. Setelah penyusunan maka dilakukan validasi ahli oleh satu dosen ahli terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan. Setelah itu me-minta tanggapan guru dan siswa terhadap LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi di SMAN 3 Kotabumi yang meliputi aspek kesesuaian isi, Murni Ariyanti keterbacaan dan kemenarikan. LKS dirancang dan dikembangkan agar siswa dapat mandiri, berfikir kritis dan kreatif sehingga dapat membangun konsep laju reaksi secara mandiri. LKS dirancang berasis pendekatan saintifik, sehingga dalam LKS memiliki lima pengalaman belajar yaitu mengamati, menanya, me-ngumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh presentase penilaian validator pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan konstruksi sebesar 94,54%; 96%; dan 96%. Hasil tanggapan guru terhadap aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan sebesar 90,90%; 92%; dan 96%. Hasil tanggapan siswa terhadap keterbacaan dan ke-menarikan sangat tinggi yaitu dengan persentase 84,27% dan 80,20%. Dengan demikian disimpulkan bahwa LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi telah berhasil dikembangkan dan secara keseluruhan LKS sudah menarik dan layak untuk pembelajaran SMA di kabupaten Lampung Utara. Kata kunci : Lembar Kerja Siswa, pendekatan saintifik, materi laju reaksi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2863226 . Digilib |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 03:19 |
Terakhir diubah: | 08 Jun 2015 03:19 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10159 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |