PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LAJU REAKSI

Murni Ariyanti, 1115023042 (2015) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LAJU REAKSI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (203Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (229Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (189Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (266Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (111Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (263Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (215Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1942Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi; (2) Mendeskripsikan karak-teristik LKS yang dikembangkan; (3) Mendeskripsikan tanggapan guru terhadap LKS yang dikembangkan; dan (4) Mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dari Sugiyono (2013) dengan subyek penelitian adalah LKS berbasis pendekatan saintifik. Penelitian dimulai dengan melakukan studi penda-huluan yang terdiri dari studi kepustakaan dan studi lapangan. Studi lapangan dilaksanakan di enam SMA kabupaten Lampung Utara diantaranya SMAN 1 Kotabumi, SMAN 3 Kotabumi, SMAN 1 Abung Selatan, SMA Prima Kotabumi, SMA Jayabaya, dan SMA Kemala Bhayangkari. Selanjutnya menyusun rancang-an produk LKS. Setelah penyusunan maka dilakukan validasi ahli oleh satu dosen ahli terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan. Setelah itu me-minta tanggapan guru dan siswa terhadap LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi di SMAN 3 Kotabumi yang meliputi aspek kesesuaian isi, Murni Ariyanti keterbacaan dan kemenarikan. LKS dirancang dan dikembangkan agar siswa dapat mandiri, berfikir kritis dan kreatif sehingga dapat membangun konsep laju reaksi secara mandiri. LKS dirancang berasis pendekatan saintifik, sehingga dalam LKS memiliki lima pengalaman belajar yaitu mengamati, menanya, me-ngumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh presentase penilaian validator pada aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan konstruksi sebesar 94,54%; 96%; dan 96%. Hasil tanggapan guru terhadap aspek kesesuaian isi, keterbacaan, dan kemenarikan sebesar 90,90%; 92%; dan 96%. Hasil tanggapan siswa terhadap keterbacaan dan ke-menarikan sangat tinggi yaitu dengan persentase 84,27% dan 80,20%. Dengan demikian disimpulkan bahwa LKS berbasis pendekatan saintifik pada materi laju reaksi telah berhasil dikembangkan dan secara keseluruhan LKS sudah menarik dan layak untuk pembelajaran SMA di kabupaten Lampung Utara. Kata kunci : Lembar Kerja Siswa, pendekatan saintifik, materi laju reaksi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2863226 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2015 03:19
Terakhir diubah: 08 Jun 2015 03:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10159

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir