PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI KOLOID DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA

Muhammad Pesi, FITRIA YULIZA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA MATERI KOLOID DALAM MENGANALISIS KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
2. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
4. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
5. HALAMAN MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf - Published Version

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (194Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (395Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (293Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep siswa pada materi koloid melalui penerapan model pem- belajaran problem solving untuk kelompok kognitif siswa kategori tinggi, sedang, dan rendah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 tahun ajaran 2012/ 2013 SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung berjumlah 45 siswa. Metode penelitian ini adalah pre-experimental dengan one-shot case study design. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterampilan mengelompokan pada: kelompok tinggi 87,50% siswa berkriteria sangat baik dan 12.50% siswa berkriteria baik; kelompok sedang 34,78% siswa berkriteria sangat baik dan 64,22% siswa berkriteria baik; kelompok rendah 7,14% siswa berkriteria sangat baik, 28,57% siswa berkriteria baik, dan 64,29% siswa berkriteria cukup. (2) Penguasaan konsep pada: kelompok tinggi 75% siswa berkriteria sangat baik dan 25,00% siswa berkriteria baik; kelompok sedang 26,68% siswa berkriteria sa- ngat baik, 69,59% siswa berkriteria baik, dan 4,35% siswa berkriteria cukup; ke- lompok rendah 7,14% siswa berkriteria sangat baik, 35,72% siswa berkriteria baik dan 57,14% siswa berkriteria cukup. Kelompok tinggi memiliki keterampilan me- ngelompokan dan penguasaan konsep lebih tinggi daripada kelompok sedang dan rendah. Kata kunci : problem solving, mengelompokan, penguasaan konsep, kelompok tinggi, kelompok sedang, kelompok rendah

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 12 Feb 2014 04:24
Last Modified: 12 Feb 2014 04:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1068

Actions (login required)

View Item View Item