Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Menginduksi dan Mempertimbangkan Hasil Induksi Pada Materi Garam Hidrolisis

Ruwaida Putri Isnaini, 1113023057 (2015) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Menginduksi dan Mempertimbangkan Hasil Induksi Pada Materi Garam Hidrolisis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (245Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (280Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PESEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Problem solving yang efektif dalam meningkatkan kemampuan menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi pada materi garam hidrolisis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA sebanyak 5 kelas di SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 150 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Non- Equivalent Control Group Design. Efektivitas model pembelajaran Problem solving diukur berdasarkan perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian dengan uji statistik menggunakan uji-t menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-Gain pada kelas eksperimen berbeda secara signifikan dari rata-rata n-Gain pada kelas kontrol dengan data pendukung yaitu nilai rata-rata afekif siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi pada materi garam hidrolisis.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 1848286 . Digilib
Date Deposited: 15 Jul 2015 02:37
Last Modified: 15 Jul 2015 02:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11214

Actions (login required)

View Item View Item