RINI SUSIANTI, 1323041029 (2015) NILAI-NILAI KEHIDUPAN SOSIAL DALAM SYAIR LAGU H. RHOMA IRAMA DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMP. UNSPECIFIED.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DEPAN.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
Text
MENGESAHKAN.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
Text
MENYETUJUI.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (186Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (165Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (751Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (26Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai kehidupan sosial yang terdapat dalam syair lagu H.Rhoma Irama dan implikasinya sebagai bahan ajar sastra di SMP? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai kehidupan sosial yang terdapat dalam syair lagu gubahan H. Rhoma Irama dan implikasinya sebagai bahan ajar sastra di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian dideskripsikan berdasarkan kenyataan sebenarnya berdasarkan sudut pandang sosiologi karya sastra kemudian dideskripsikan sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan syair lagu H. Rhoma Irama sarat dngan nilai-nilai kehidupan sosial. Nilai-nilai sosial tersebut ialah nilai material, nilai vital, dan nilai kerohanian. Nilai kerohanian terdiri dari, nilai kebenaran, nilai keindahan, nilai moral dan nilai religius. Implikasi penelitian ini dapat dikaitkan dengan pengajaran kesastraan di sekolah, khususnya di SMP , yaitu pada materi analisis nilai-nilai kehidupan . Syair-syair lagu H. Rhoma Irama sangat relevan dijadikan bahan ajar sastra di SMP Negeri Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan. Hal ini didasarkan pada lima aspek kriteria pemilihan bahan ajar, yaitu aspek latar belakang budaya siswa, aspek psikologis, aspek nilai karya dan aspek keragaman karya. Hasil penelitian ini dapat menjadi alternatif bahan ajar sastra dalam kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk SMP. Kata kunci: Nilai kehidupan sosial, implikasi bahan ajar, dan syair lagu. Abstrak Bahasa Inggris
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Depositing User: | 1338968 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Aug 2015 06:50 |
Last Modified: | 30 Oct 2015 02:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |