NELI YANA, 1113041042 (2015) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (716Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menulis puisi, pelaksanaan pembelajaran menulis puisi, dan penilaian dalam pembelajaran menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu pembelajaran menulis puisi yang dilakukan guru dan siswa yang difokuskan pada perencanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan pembelajaran (aktivitas guru dan siswa), dan penilaian pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan rekaman. Tahapan analisis data yang digunakan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melakukan tiga tahap pembelajaran yaitu perencanaan pembelajaran (kejelasan perumusan pembelajaran, pemilihan materi ajar, pengorganisasian materi ajar, pemilihan sumber/media pembelajaran, kejelasan skenario pembelajaran, kerincian skenario pembelajaran, teknik dan tujuan pembelajaran, dan kelengkapan instrumen pembelajaran). Pada pelaksanaan pembelajaran terdapat dua aktivitas yaitu (aktivitas guru dan aktivitas siswa). Aktivitas yang dilakukan oleh guru meliputi tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Aktivitas yang dilakukan siswa dalam pembelajaran menulis puisi meliputi aktivitas mendengarkan, menulis, dan mengamati. Pada kegiatan pendahuluan pembelajaran, guru telah melaksanakan semua komponen dan indikator dalam kegiatan pendahuluan. Kemudian pada kegiatan inti dan penutup. Terdapat dua indikator yang tidak dilaksanakan guru, yaitu guru tidak mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan dan tidak melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan atau kegiatan tugas sebagai remedial atau pengayaan. Selanjutnya, hasil penilaian yang telah dilakukan guru juga telah memenuhi kriteria penilaian pembelajaran yang sesuai dengan RPP guru yaitu penilaian unjuk kerja. Penilaian yang dilakukan oleh guru mencakup penilaian produk dengan teknik unjuk kerja yaitu mengamati aktivitas siswa menulis puisi.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 4559545 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Aug 2015 08:29 |
Terakhir diubah: | 24 Aug 2015 08:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12016 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |