0913099011, J a m i a t i (2012) PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 8 METRO SELATAN. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (187Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
JADWAL PENELITIAN.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR KERJA SISWA.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (1145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
lembar observasi APKG.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI LENGKAP.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (181Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar berdasarkan masih rendahnya hasil belajar IPA di SD Negeri 8 Metro Selatan yang rendah yaitu 26 siswa (79,79%) dengan nilai dibawah KKM yaitu sebesar 60. Prosedur penelitian yang dilakukan dengan metode tindakan kelas yang akan dilaksanakan terdiri dari dua siklus. Tiap siklus dilaksanakan sesuai dengan perubahan yang ingin dicapai. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini menggunakan prosedur sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Untuk analisis tingkat keberhasilan atau persentase ketuntasan belajar siswa pada setiap siklusnya dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal test tertulis pada setiap akhir siklus. Data kualitatif diperoleh dalam penelitian ini akan dianalisis dengan tehnik deskriptif kualitatif dengan tujuan mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktifitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai siswa dari sebelumnya seperti nilai terendah yang semula 40 menjadi 60 dan nilai rata-rata yang meningkat dari 57,78 menjadi 70,74 serta persentase siswa yang tidak mencapai KKM menjadi lebih kecil yang semula 40% menjadi keseluruhan mencapai KKM. Apabila dilihat dari hasil observer maka model pendekatan pembelajaran, penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar yang digunakan telah dapat meningkatkan hasil dan aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:07 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12369 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |