0913099026, R u s m i n i (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI 3 METRO PUSAT SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB V.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
IPKG.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (798Kb) |
||
|
File PDF
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS SISWA.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PTK RUSMINI.pdf Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SAmpul Depan.pdf Download (81Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan pelajaran yang menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan kegiatan praktis untuk mengembangkan kompetensi. Berdasarkan permasalahan yang ada di SD Negeri 3 Metro Pusat yaitu masih rendahnya nilai siswa pada mata pelajaran IPA. Siswa masih banyak yang mendapatkan nilai di bawah KKM yaitu sebesar 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media gambar. Metode penelitian yang digunakan berupa tindakan kelas. Prosedur penelitian yang dilaksanakan terdiri dari dua siklus. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini menggunakan prosedur sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Data kualitatif dalam penelitian ini akan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dengan tujuan mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran selama pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari sebelumnya pada siklus 1 nilai terendah sebesar 50, nilai rata-rata 61,59 dan siswa yang belum tuntas terdapat 12 siswa atau sebesar 40%, sedangkan pada siklus 2 meningkat menjadi nilai terendah sebesar 65, nilai rata-rata sebesar 72,73 serta persentase siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 100% atau keseluruhan siswa mencapai KKM. Apabila dilihat dari hasil observer maka penggunaan media gambar yang digunakan juga dapat meningkatkan respon siswa selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan kepada para guru untuk dapat menggunakan media gambar guna meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:07 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:07 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12373 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |