0614051053, Muhamad Septiadi (2012) ANALISIS TINGKAT KESUKAAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PRODUK JAHE MERAH “HERBALIST” (Studi Pada Pabrik Herbal Haji Mena Lampung Selatan). Digital Library.
|
File PDF
ABSTRACT revisi 17-11-11.pdf Download (172Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I OKE CETAK 17-11-11.pdf Download (239Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK SIAP CETAK 17-11-11.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab II oke cetak 17-11-11.pdf Download (247Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III OKE CETAK 17-11-11.pdf Download (270Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV OKAY 17-11-2011.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (460Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.SIMPULAN DAN SARAN 17-11-11.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR AAKU siap cetak 17-11-11.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi skripsi BARU AAKU siap cetak 17-11-11.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA 17-11-11.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP skripsi.pdf Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA SKRIPSI 11-11-11.pdf Download (162Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Perusahaan Herbal Haji Mena Lampung Selatan adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang minuman fungsional. Munculnya perusahaan lain yang bergerak di bidang industri sejenis akan mempengaruhi pemasaran produk Jahe Merah “Herbalist” Haji Mena Lampung Selatan. Oleh karena itu untuk memenangkan persaingan tersebut perusahaan perlu menerapkan kegiatan pemasaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaan dan kepuasan konsumen terhadap produk Jahe Merah “Herbalist” pada Pabrik Herbal Haji Mena Lampung Selatan. Penelitian ini meliputi 2 bagian yaitu bagian pertama adalah uji organoleptik untuk mengukur tingkat kesukaan konsumen Jahe Merah “Herbalist” dan bagian kedua adalah survei lapangan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen Jahe Merah “Herbalist” di Bandar Lampung. Untuk uji kesukaan digunakan uji hedonik dengan menggunakan panelis sebanyak 60 orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara perlakuan. Data selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji Duncan (Multiple Range Test) pada taraf 5%. Sedangkan Uji kepuasan konsumen dilakukan dengan metode survei. Kemudian data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan empat alat terdiri dari analisis kesenjangan, importance performance analysis, analisis indeks kepuasan konsumen, dan analisis multi atribut model angka ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan komposisi bahan penyusun minuman instan berbasis jahe merah memberikan pengaruh berbeda nyata terhadap nilai kesukaan aroma, warna, rasa, penampakan dan penerimaan keseluruhan minuman instan berbasis jahe merah. Hasil uji organoleptik, produk Jahe Merah “Herbalist” disukai oleh konsumen dengan skor penerimaan keseluruhan 3,40 kriteria netral. Hasil analisis kesenjangan menunjukkan prioritas atribut Jahe Merah “Herbalist” yang rendah adalah reputasi perusahaan, distribusi lancar, kebersihan produk, dan promosi yang menarik. Atribut yang memiliki derajat kepuasan adalah produk bermanfaat bagi kesehatan, kesegaran, harga terjangkau, dan jahe merah “Herbalist” diterima baik oleh konsumen. Hasil ImportancePerformance Analysis atribut yang menjadi prioritas utama (kuadran A) untuk ditingkatkan kinerjanya adalah variabel distribusi dan mudah memperoleh Jahe Merah “Herbalist”, prioritas selanjutnya untuk ditingkatkan kepentingannya (kuadran C) adalah desain produk menarik, reputasi perusahaan, warna produk menarik, dan promosi menarik. Hasil analisis indeks kepuasan konsumen menunjukkan bahwa Jahe Merah “Herbalist” telah memberikan kepuasan pada pelanggan dengan nilai skala 25035 (pada skala puas). Hasil pengujian multi atribut model angka ideal menunjukkan nilai sikap konsumen rata-rata adalah 2,834 yang berarti lebih mendekati angka nol sebagai angka ideal yang dibandingkan dengan angka non ideal, nilai maksimum rata-rata adalah 19,00. Berarti atribut Jahe Merah “Herbalist” telah mampu memenuhi harapan konsumen. Kata Kunci : tingkat kesukaan, kepuasan konsumen, Jahe Merah “Herbalist” Abstract Haji Mena’s herbal company, South Lampung, is one of fungsional beverage companies. The rise of the other companies will affect product marketing of Haji Mena’s “Herbalist” red ginger, South Lampung. Because of that, to win the competition, the company must do marketing well. This research has purpose to know preference degree and consumer satisfaction toward “Herbalist” red ginger product at Haji Mena’s herbal product, South Lampung. This research includes two parts. The first part is organoleptic test, to measure affective test of “Herbalist” red ginger consumer and field survey to measure satisfaction degree of “Herbalist” red ginger consumer in Bandar Lampung. For the test of consumer preference uses hedonic test by using sixty panelists. Data is analyzed of variants to know whether it has difference between treatment or not. Then, data is analyzed by using Duncan test at 5% degree. Whereas, for the test of consumer satisfaction is done by survey method. Then, data is analyzed quantitatively by using four devices consists gap analysis, important performance analysis, consumer satisfaction index analysis, and attribute multi analysis model ideal number. The result of the research shows that ingredient difference of instant drink is basis of red ginger gives real different effect toward joy value of aroma, colour, taste, appearance, and overall acceptance instant drink is basis of red ginger. The result of organoleptic test, “Herbalist” red ginger product is loved by consumer with score overall acceptance 3,40 criterion netral. The result of difference analysis shows that the attribute priority of “Herbalist” red ginger that must be increased, Company reputation, fluent distribution, hygiene of product and interesting promotion. While the attribute that has the highest satisfaction degree is a product that benefits to health, freshness, price reached and “Herbalist” red ginger well accepted by consumer. Those attributes that become excellence of company competitiveness. Based on the result of important performance analysis, the attribute that becomes the main priority (A kuadran) and must be improved its performance; distribution variable, so that it is easy to get “Herbalist” red ginger. The next priority to be increased its importance (C kuadran); interesting product design, company reputation, interesting colour, and interesting promotion. The result of the consumer satisfaction index analysis shows that “Herbalist” red ginger has given satisfaction to customer with scale score is 25035 (satisfied scale). Next, the result of the attribute multi analysis model ideal number shows that the average value of consumer attitude is 2,834 and it approaches zero (0) as an ideal number whereas non ideal number shows that the average of maximum score is 19,00. So, the attribute of “Herbalist” red ginger has reached consumer hope. Keyword : affective test, consumer satisfaction, “Herbalist” red ginger.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | Fakultas Pertanian dan Pascasarjana |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:21 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12403 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |