UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 SUKARAME BANDARLAMPUNG

1013069079, Maryati (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 SUKARAME BANDARLAMPUNG. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (173Kb)
[img]
Preview
File PDF
Cover Luar' Dalam, Daftar Isi, Dll..pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Isi Skripsi.pdf

Download (230Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh informasi penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tematik (IPA, IPS dan Matematika) pada siswa kelas III SDN 2 Sukarame Bandarlampung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan serta empat tahap tindakan, yaitu: perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Pada akhir setiap siklus diadakan tes untuk mengukur kemampuan siswa terhadap pelajaran tematik yang sudah diberikan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual serta mengetahui pencapaian ketuntasan siswa yang berupa pilihan jamak sebanyak 10 soal dengan mencari rata-rata nilainya, sehingga terlihat adanya peningkatan pada setiap siklus. Selain itu, pada penelitian ini juga diadakan penilaian terhadap aktivitas siswa dan guru dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil belajar siswa meningkat pada tiga mata pelajaran yang ditematikkan (IPA, IPS dan Matematika). Pada pelajaran IPA prestasi belajar siswa meningkat dibandingkan sebelum tindakan sehingga siswa yang tuntas menjadi 46,66%, pada siklus II menjadi 63,33% dan pada siklus III menjadi 90%. Pada pelajaran IPS, hasil belajar siswa di siklus I mengalami peningkatan sehingga siswa yang tuntas menjadi 43,33% dibanding sebelum tindakan, pada siklus II menjadi 60% dan pada siklus III menjadi 86,66%. Sedangkan pada pelajaran Matematika, hasil belajar siswa meningkat sehingga siswa yang tuntas menjadi 43,33% dibanding sebelum tindakan, pada siklus II menjadi 63,33% dan pada siklus III menjadi 83,33%. Pada data hasil pengamatan aktivitas belajar siswa, rata-rata nilai kegiatan siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I adalah 16,91 pada siklus II adalah 18,08 dan pada siklus III menjadi 19,41. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Tematik (IPA, IPS dan Matematika) pada siswa kelas III SDN 2 Sukarame Bandarlampung.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:40
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12407

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir