1013109020, IDA HERIYANI (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DI KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN T.P 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (194Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
JARINGAN TEMA.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR BARU.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PROPOSAL PTK BU IDA RECOVER.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Revisi.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia yang baik dan benar di kelas I SD Negeri 1 Gedong Tataan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas I. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi, catatan lapangan dan kamera yang digunakan untuk mengamati aktivitas peserta didik dan kinerja guru. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) peserta didik dalam proses pembelajaran melalui penerapan metode pembelajaran bermain peran membuat peserta didik lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran, (2) metode pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar peserta didik dimana keterampilan berbicara dan hasil belajar menunjukkan kemajuan yang signifikan baik secara individu maupun secara kelompok yaitu siklus 1 mencapai 51,43% atau sekitar 18 orang saja, pada siklus 2 mengalami peningkatan yaitu mencapai 80% atau sekitar 28 orang dan pada akhir siklus 3 peserta didik yang telah mencapai skor ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sebanyak 31 orang atau sekitar 88,57%. Dengan demikian metode pembelajaran bermain peran dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia peserta didik, khususnya di kelas I SD.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Sep 2015 04:41 |
Terakhir diubah: | 07 Sep 2015 04:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12419 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |