UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DI KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN T.P 2011/2012

1013109020, IDA HERIYANI (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA YANG BAIK DAN BENAR MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DI KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN T.P 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (194Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
JARINGAN TEMA.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
KATA PENGANTAR BARU.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PROPOSAL PTK BU IDA RECOVER.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Revisi.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia yang baik dan benar di kelas I SD Negeri 1 Gedong Tataan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran dengan subyek penelitian adalah peserta didik kelas I. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam 4 langkah kegiatan, meliputi kegiatan perencanaan, melakukan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes, lembar observasi, catatan lapangan dan kamera yang digunakan untuk mengamati aktivitas peserta didik dan kinerja guru. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) peserta didik dalam proses pembelajaran melalui penerapan metode pembelajaran bermain peran membuat peserta didik lebih aktif dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran, (2) metode pembelajaran bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar peserta didik dimana keterampilan berbicara dan hasil belajar menunjukkan kemajuan yang signifikan baik secara individu maupun secara kelompok yaitu siklus 1 mencapai 51,43% atau sekitar 18 orang saja, pada siklus 2 mengalami peningkatan yaitu mencapai 80% atau sekitar 28 orang dan pada akhir siklus 3 peserta didik yang telah mencapai skor ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sebanyak 31 orang atau sekitar 88,57%. Dengan demikian metode pembelajaran bermain peran dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia peserta didik, khususnya di kelas I SD.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:41
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12419

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir