UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KELAS VI SEMESTER 1 SD NEGERI 2 PADANG RATU KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESWARAN

1013109044, Rohaida (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA KELAS VI SEMESTER 1 SD NEGERI 2 PADANG RATU KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESWARAN. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (126Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover Luar.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover+ daftar isi.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img] File PDF
Isi PTK Rohaidah.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (291Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 2 Padang Ratu. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode demonstrasi pada kelas VI Semester 1 SD Negeri 2 Padang ratu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang berisi alur penelitian meliputi empat tahapan, dimulai dari perencanaan tindakan,pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Empat tahapan tersebut membentuk siklus. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes hasil belajar, dan lembar observasi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Padang Ratu yang berjumlah 16 orang. Hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan: Penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 2 Padang Ratu. Hal ini dilihat aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan yaitu siklus I jumlah rata-rata 62,5% dan pada siklus II jumlah ratarata 87,5%. Hal ini juga terjadi pada hasil nilai IPA dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I rata-rata hasil belajar 66,25 dan meningkat pada siklus II mencapai 79,375. Siswa yang tuntas belajar pada siklus I ada 10 orang atau 62,5% dan pada siklus II siswa yang tuntas belajar mengalami peningkatan sehingga menjadi 13 orang atau 81,25%.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:41
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12421

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir