UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN PENDEKATAN TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GRUP INVESTIGATION KELAS III SD NEGERI 4 TAMAN SARI KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2011-2012

1013109047, SA’DIYAH (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN PENDEKATAN TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GRUP INVESTIGATION KELAS III SD NEGERI 4 TAMAN SARI KECAMATAN GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN AJARAN 2011-2012. Other thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (135Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (193Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover, dll.pdf

Download (50Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan Penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya : metode yang digunakan masih metode ceramah. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tindakan kelas : Subyeknya kelas III SD Negeri 4 Taman Sari Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan tematik melalui model pembelajaran Kooperatif Grup Investigation. Penelitian tindakan kelas dibagi menjadi 2 siklus tiap-tiap siklus meliputi : tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif grup investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 4 Taman Sari dari siklus ke siklus yang ditunjukan dengan meningkatnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus pertama 62,5% sedangkan pada siklus kedua rata-rata 81,25%. Hasil belajar pada siklus pertama mencapai hasil rata-rata 63,3%. Pada siklus kedua mencapai nilai rata-rata 73,3%.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 07 Sep 2015 04:41
Terakhir diubah: 07 Sep 2015 04:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12422

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir