Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa

Fajar Lestari, 1113024018 (2015) Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (160Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (377Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (332Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (322Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (252Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (409Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing terhadap Keterampilan Sains Siswa (KPS) siswa. Desain penelitian adalah pretest-posttest tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII 3 dan VII 4 SMP Negeri 1 Pagelaran dipilih secara purposive sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa dan dari angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest, posttest, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t dan U. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing mampu meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 78,41. Berdasarkan hasil observasi rata-rata keterampilan proses sains (KPS) siswa dalam aspek yang diamati yang meliputi mengamati, menghipotesis, menginterpretasi, memprediksi, dan mengkomunikasikan berkriteria “tinggi” pada kelas eksperimen dengan rata-rata 79,16%. Selain itu, sebagian besar siswa (85,55%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing. Dengan demikian, penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Kata kunci : LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains (KPS), Interaksi Makhluk Hidup

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 1503356 . Digilib
Date Deposited: 01 Sep 2015 06:34
Last Modified: 01 Sep 2015 06:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12615

Actions (login required)

View Item View Item