Ayu Putri Prahastini, 1113024008 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM TULISAN ARGUMENTATIF SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Ekperimen pada Siswa Kelas VII SMP Satya Dharma Sudjana Tahun Ajaran 2014/2015). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (257Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (274Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PRSEMBAHAN.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (237Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (337Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif siswa dan juga untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran PBI pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah pretes-postes non ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VII SMP Satya Dharma Sudjana, Lampung Tengah yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data Kuantitatif berupa kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif siswa yang diperoleh dari pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dan uji U dengan taraf kepercayaan 5% menggunakan program SPSS 17. Data kualitatif berupa tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran PBI yang diperoleh dari angket yang dianalisis secara deskriptif. iii Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa rata-rata N-gain kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih tinggi daripada kontrol (eksperimen= 44,20%, kontrol= 36,27%). Begitu pula rata-rata N-gain dari tiap indikator kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif kelas eksperimen (44,29%) lebih tinggi dibanding kontrol (37,04%). Berdasarkan angket, diketahui bahwa sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran PBI pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran PBI berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif siswa pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Kata kunci : PBI, Kemampuan Berpikir Kreatif, Tulisan Argumentatif, Peran Manusia, dan Pengelolaan Lingkungan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 0220596 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Sep 2015 04:12 |
Terakhir diubah: | 15 Sep 2015 04:12 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12841 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |