PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM TULISAN ARGUMENTATIF SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Ekperimen pada Siswa Kelas VII SMP Satya Dharma Sudjana Tahun Ajaran 2014/2015)

Ayu Putri Prahastini, 1113024008 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM TULISAN ARGUMENTATIF SISWA PADA MATERI POKOK PERAN MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Ekperimen pada Siswa Kelas VII SMP Satya Dharma Sudjana Tahun Ajaran 2014/2015). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DEPAN.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (257Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MENYETUJUI.pdf

Download (274Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTO.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PRSEMBAHAN.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (237Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (337Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif siswa dan juga untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran PBI pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah pretes-postes non ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VII SMP Satya Dharma Sudjana, Lampung Tengah yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data Kuantitatif berupa kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif siswa yang diperoleh dari pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji t dan uji U dengan taraf kepercayaan 5% menggunakan program SPSS 17. Data kualitatif berupa tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran PBI yang diperoleh dari angket yang dianalisis secara deskriptif. iii Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa rata-rata N-gain kemampuan berpikir kreatif kelas eksperimen lebih tinggi daripada kontrol (eksperimen= 44,20%, kontrol= 36,27%). Begitu pula rata-rata N-gain dari tiap indikator kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif kelas eksperimen (44,29%) lebih tinggi dibanding kontrol (37,04%). Berdasarkan angket, diketahui bahwa sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran PBI pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran PBI berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif siswa pada materi pokok peran manusia dalam pengelolaan lingkungan. Kata kunci : PBI, Kemampuan Berpikir Kreatif, Tulisan Argumentatif, Peran Manusia, dan Pengelolaan Lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 0220596 . Digilib
Date Deposited: 15 Sep 2015 04:12
Terakhir diubah: 15 Sep 2015 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12841

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir