YUYUN LESTARI, 1113052047 (2015) PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 NATAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (204Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (422Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (595Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFATAR PUSTAKA.pdf Download (18Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian adalah kemandiran belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok. Permasalahan penelitian ini adalah “apakah terjadi peningkatan kemandirian belajar dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar Tahun pelajaran 2014/2015?” Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pretest posttest control group design. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa terdiri dari 12 siswa kelompok eksperimen dan 12 siswa kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok, pada kelompok eksperimen terjadi peningkatan sebesar 22,43% dan kelompok kontrol sebesar 1,55b maka kemandirian belajar siswa yang mengikuti bimbingan kelompok lebih meningkat dibanding kelompok kontrol. Hal ini juga ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan independent sample t-test, berdasarkan gain score kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh t output > t tabel ( 11,95 > 2,074) maka, Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dibanding kelompok kontrol yang tidak diberi layanan bimbingan kelompok. Kesimpulan penelitian adalah terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dibanding kelompok kontrol yang tidak diberi layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran yang diberikan adalah (1) Siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, bisa meningkatkan kemandirian belajarnya dengan mengikuti kegiatan bimbingan kelompok. (2) Kepada Guru Bimbingan dan Konseling, hendaknya dapat menjadikan kegiatan bimbingan kelompok sebagai salah satu program unggulan dalam program Bimbingan Konseling di sekolah. Kata kunci: bimbingan kelompok ,bimbingan konseling, kemandirian belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | 3526991 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Sep 2015 01:50 |
Terakhir diubah: | 18 Sep 2015 01:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12868 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |