Melrisda Perdana Sari, 1113024044 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM TULISAN ARGUMENTATIF (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Satya Dharma Sudjana Tahun Ajaran 2014/2015 Materi Pokok Memprediksi Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (1326Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (1257Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (566Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (334Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (465Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (173Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (519Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (637Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi kelas VII SMP Satya Dharma Sudjana, Lampung Tengah, diketahui bahwa berpikir kreatif oleh siswa belum dikembangkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretes postes kelas tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII2 dan VII3, yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data kuantitatif yaitu data kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif, diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan posttes yang dianalisis secara statistik menggunakan Uji-t pada taraf kepercayaan 5 % dengan program SPSS 17. Data kualitatif berupa tanggapan siswa mengenai penggunaan model PBI, diperoleh dari tanggapan siswa, yang dianalisis secara deskriptif. iii Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa rata-rata N-gain berpikir kreatif siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 52,33%; kontrol = 40,04%). Selain itu, kemampuan berpikir kreatif dalam tulisan argumentatif yang dinilai melalui tiga indikator kemampuan berpikir kreatif luwes yang meliputi memberikan jawaban yang bervariasi, melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda, dan memberikan banyak solusi, mengalami peningkatan dengan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi diripada kelas kontrol (eksperimen = 54,91%; kontrol = 43,79%). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model PBI dalam pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBI berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata kunci : Problem Based Instruction, Kemampuan Berpikir Kreatif, Tulisan Argumentatif, dan Populasi Manusia
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 9551733 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Sep 2015 07:36 |
Terakhir diubah: | 21 Sep 2015 07:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12898 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |