1113127011, Nurhadi (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN TEKNIK JIGSAW PADA SISWA KELAS V DI SDN 2 SUMBER MULYO KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (544Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (195Kb) | Preview |
|
|
File PDF
halaman pernyataan.pdf Download (241Kb) | Preview |
|
|
File PDF
lembar pengesahaan.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
mnotto.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
NURHADI BAB I.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
NURHADI BAB II.pdf Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
NURHADI BAB III.pdf Download (228Kb) | Preview |
|
File PDF
NURHADI BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (206Kb) |
||
|
File PDF
NURHADI BAB V.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
NURHADI CAVER.pdf Download (193Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (499Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar IPA rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui “ apakah aktivitas dan hasil belajar IPA dapat ditingkatkan menggunkan teknik Jigsaw pada siswa kelas V SDN 2 Sumber Mulyo Tahun Pelajaran 2012/2013”. Subjek penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas V SDN 2 Sumber Mulyo Kecamatan Sumberejo sebanyak 25 siswa. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas kinerja guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa diperoleh berdasarkan observasi saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa diperoleh berdasarkan hasil tes serta ketuntasan pada setiap siklusnya.Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas kinerja guru, lembar aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pada siswa kelas V SDN 2 Sumber Mulyo Kecamtan Sumberejo semester Ganjil tahun pelajaran 2012/2013 menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siklus I mencapai 22 dengan katagori kurang aktif, nilai rata-rata 50,00 dengan ketuntasan mencapai 52,00 %. Siklus II skor aktivitas siswa 33 dengan katagori aktif, nilai rata-rata 62,20 dengan ketuntasan mencapai 64,00 %. Siklus III skor aktivitas belajar siswa mencapai 38 dengan katagori sangat aktif, nilai rata-rata sebesar 72,80 dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 84,00 %. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan aktivitas belajar siswa siklus I ke siklus II naik sebesar 12,50 % dan dari siklus II ke siklus III naik sebesar 6,5 % dan ketuntasan hasil belajar siklus I ke siklus II naik sebesar 12 % dan dari siklus II ke siklus III naik sebesar 20 %. Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis tindakan diterima artinya bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA dapat ditingkatkan menggunakan teknik Jigsaw pada siswa kelas V SDN 2 Sumber Mulyo. Saran dari peneliti adalah agar guru menambah pengetahuan dan wawasan dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar IPA pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumber Mulyo Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus dengan strategi pembelajaran teknik jigsaw Kata Kunci : Jigsaw, Aktivitas, hasil belajar IPA
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 09:45 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 09:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13447 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |