UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN TEKNIK JIGSAW PADA SISWA KELAS V DI SDN 2 SUMBER MULYO KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013

1113127011, Nurhadi (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN TEKNIK JIGSAW PADA SISWA KELAS V DI SDN 2 SUMBER MULYO KECAMATAN SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (544Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
halaman pernyataan.pdf

Download (241Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
lembar pengesahaan.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
mnotto.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
NURHADI BAB I.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
NURHADI BAB II.pdf

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
NURHADI BAB III.pdf

Download (228Kb) | Preview
[img] File PDF
NURHADI BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (206Kb)
[img]
Preview
File PDF
NURHADI BAB V.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
NURHADI CAVER.pdf

Download (193Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (213Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (499Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar IPA rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui “ apakah aktivitas dan hasil belajar IPA dapat ditingkatkan menggunkan teknik Jigsaw pada siswa kelas V SDN 2 Sumber Mulyo Tahun Pelajaran 2012/2013”. Subjek penelitian ini adalah guru sebagai peneliti dan siswa kelas V SDN 2 Sumber Mulyo Kecamatan Sumberejo sebanyak 25 siswa. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas kinerja guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa diperoleh berdasarkan observasi saat kegiatan pembelajaran berlangsung dan hasil belajar siswa diperoleh berdasarkan hasil tes serta ketuntasan pada setiap siklusnya.Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas kinerja guru, lembar aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pada siswa kelas V SDN 2 Sumber Mulyo Kecamtan Sumberejo semester Ganjil tahun pelajaran 2012/2013 menunjukkan bahwa skor aktivitas belajar siklus I mencapai 22 dengan katagori kurang aktif, nilai rata-rata 50,00 dengan ketuntasan mencapai 52,00 %. Siklus II skor aktivitas siswa 33 dengan katagori aktif, nilai rata-rata 62,20 dengan ketuntasan mencapai 64,00 %. Siklus III skor aktivitas belajar siswa mencapai 38 dengan katagori sangat aktif, nilai rata-rata sebesar 72,80 dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 84,00 %. Hasil penelitian menunjukkan ada perubahan aktivitas belajar siswa siklus I ke siklus II naik sebesar 12,50 % dan dari siklus II ke siklus III naik sebesar 6,5 % dan ketuntasan hasil belajar siklus I ke siklus II naik sebesar 12 % dan dari siklus II ke siklus III naik sebesar 20 %. Berdasarkan data di atas diperoleh kesimpulan bahwa hipotesis tindakan diterima artinya bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA dapat ditingkatkan menggunakan teknik Jigsaw pada siswa kelas V SDN 2 Sumber Mulyo. Saran dari peneliti adalah agar guru menambah pengetahuan dan wawasan dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar belajar IPA pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumber Mulyo Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus dengan strategi pembelajaran teknik jigsaw Kata Kunci : Jigsaw, Aktivitas, hasil belajar IPA

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:45
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13447

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir