PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN WUJUD ZAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 2 MARGODADI KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

1113119035, SUMARTI (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA POKOK BAHASAN PERUBAHAN WUJUD ZAT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 2 MARGODADI KECAMATAN AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (380Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
lembar pengesahan.pdf

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (78Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa di kelas IV SD Negeri 2 Margodadi ditemukan aktivitas belajar siswa rendah dan hasil belajar IPA di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tiga siklus setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumetasi. Instrument penelitian yaitu lembar panduan observasi kinerja guru dan aktivitas siswa, dokumentasi tes hasil belajar siswa. Kemudian data-data tersebut diberi tanda berdasarkan jenis dan sumbernya. Selanjutnya peneliti melakukan interprestasi terdapat data sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu 59,62% dengan kategori cukup aktif, pada siklus II yaitu 70,18% dengan kategori aktif dan pada siklus III yaitu 81,00% dengan kategori sangat aktif. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang telah tuntas belajar tersebut 39,13%, menjadi 65,21% pada siklus II dan pada siklus III yaitu 91,30%. Dengan demikaian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Margodadi Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran yang disampaikan dari hasil penelitian ini adalah hendaknya guru dalam pembelajaran IPA sebaiknya menggunakan pendekatan kontekstual supaya aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Kata kunci: IPA, aktivitas belajar, hasil belajar, pendekatan kontekstual.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 22 Oct 2015 09:58
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 09:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13655

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir