0613024010, Octarina Hitta Shiwie (2011) PROFIL KEMAMPUAN MENGAJAR GURU BIOLOGI KELAS X PADA SMA KATEGORI RINTISAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL (RSSN) DI BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
I.pdf Download (209Kb) | Preview |
|
|
File PDF
II.pdf Download (226Kb) | Preview |
|
|
File PDF
III.pdf Download (208Kb) | Preview |
|
File PDF
IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (285Kb) |
||
|
File PDF
V.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. COVER.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. PENGESAHAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PERNYATAAN SKRIPSI MAHASISWA.pdf Download (3981b) | Preview |
|
|
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. SANWACANA.pdf Download (150Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. DAFTAR TABEL.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
13. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (3327b) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Adanya ketidakcocokan antara peraturan yang ada dengan pelaksanaannya di kelas menjadikan proses pembelajaran yang dilakukan guru kurang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai kemampuan mengajar guru biologi berdasarkan standar proses pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan mengajar guru biologi kelas X dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran pada SMA kategori Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSSN) di Bandar Lampung dengan acuan standar proses. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi kelas X yang mengajar pada SMA kategori RSSN di Bandar Lampung. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh guru biologi yang hanya mengajar di kelas X yang berjumlah 11 guru. Data dalam penelitian ini merupakan data kualitatif berupa gambaran mengenai kemampuan mengajar guru biologi kelas X pada SMA kategori RSSN di Bandar Lampung yang meliputi perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang diambil melalui lembar penilaian silabus dan RPP, lembar observasi KBM, serta angket yang mengacu pada standar proses. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru biologi kelas X pada SMA kategori RSSN di Bandar Lampung dalam merencanakan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran bervariasi. Kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran yaitu dalam penyusunan silabus sebagian kecil (30%) guru berkemampuan tinggi, hampir sebagian (40%) guru berkemampuan sedang, dan sebagian kecil (30%) guru berkemampuan rendah, sedangkan untuk penyusunan RPP sebagian besar guru (80%) berkemampuan sedang dan sebagian kecil (20%) berkemampuan rendah. Kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran terbagi menjadi empat kategori yaitu sebagian kecil (27%) guru berkategori tinggi, sebagian (55%) guru berkategori sedang, sebagian kecil (9%) guru berkategori rendah, dan sebagian kecil (9%) guru berkategori sangat rendah. Kata Kunci : Profil, Kemampuan Mengajar Guru Biologi, RSSN.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:15 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13695 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |