0613024026, Flourenza Vembry Hamumpuni (2011) PROFIL KEMAMPUAN MENGAJAR GURU SAINS KELAS VIII BERDASARKAN STANDAR PROSES PADA SMP BERSTANDAR NASIONAL DI BANDAR LAMPUNG. Digital Library.
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (112Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (169Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (219Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN SKRIPSI.pdf Download (3396b) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Kesenjangan antara kondisi dan kualitas pembelajaran masih berkutat pada persoalan mendasar, sepertinya pemahaman guru sains akan proses pembelajaran yang baik dan benar. Pembelajaran yang dilakukan guru seharusnya disesuaikan dengan standar proses. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai kemampuan mengajar guru sains berdasarkan standar proses tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengajar guru sains kelas VIII pada SMP berstandar nasional di Bandar Lampung dengan acuan standar proses. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi kelas VIII yang mengajar pada SMP berstandar nasional di Bandar Lampung. Metode sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, sehingga diperoleh guru biologi kelas VIII yang berjumlah 10 guru. Data kuantitatif berupa data skor kinerja guru dalam membuat Silabus dan RPP, pelaksanaan pembelajaran, pengelolaan kelas dan penilaian pembelajaran yang diperoleh dari lembar observasi dan lembar penilaian. Sedangkan data kualitatif berupa gambaran mengenai kemampuan mengajar guru sains kelas VIII pada SMP berstandar nasional di Bandar Lampung yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran yang diambil melalui lembar observasi dan lembar penilaian yang mengacu pada standar proses. Kedua jenis data tersebut dianalisis dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru sains kelas VIII dalam merencanakan pembelajaran berkriteria tinggi, yakni 60% guru berkriteria tinggi dalam membuat Silabus dan 70% guru berkriteria tinggi dalam membuat RPP. Untuk pelaksanaan proses pembelajaran 70% guru berkriteria tinggi dan untuk penilaian pembelajaran 80% berkriteria sedang. Untuk pengelolaan kelas 100% guru sains berkriteria tinggi. Dengan demikian dari penelitian dapat disimpulkan bahwa mutu perangkat pembelajaran, mutu pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan mutu pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru sains berkriteria tinggi. Sedangkan mutu penilaian pembelajaran yang dilakukan guru sains berkriteria sedang. Kata Kunci : Profil, Mengajar, Guru, Sains, Standar Proses.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:16 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:16 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13721 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |