0743024054, Wening Sudrajatx (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PENINGKATAN KECAKAPAN BERPIKIR RASIONAL SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Gajah Mada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (134Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (521Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Hasil observasi proses pembelajaran biologi selama ini hanya sebatas menghafal, sedangkan biologi tidak hanya membutuhkan kemampuan menghafal, tetapi juga kecakapan berpikir rasional, sehingga siswa mampu menganalisis, mensintesis, dan mengevaluasi suatu informasi data atau argumen. Sehubungan dengan itu dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan kecakapan berpikir rasional siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TPS terhadap peningkatan kecakapan berpikir rasional dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok Ekosistem pada kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Desain penelitian ini adalah pretes-postes kelompok tak equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA2 (n=26) dan X IPA4 (n=28) yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95%. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan kecakapan berpikir rasional siswa, terlihat pada kelas eksperimen rata-rata nilai N-Gain sebesar 51,6 dan rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 38,2. Peningkatan tertinggi yaitu pada indikator memecahkan masalah dan indikator terendah yaitu pada aspek menggali informasi. Selain itu, rata-rata aktivitas siswa juga menunjukkan peningkatan sebesar 75,0. Aktivitas tersebut meliputi aktivitas bekerja sama dengan teman, mengungkapkan ide atau gagasan, melakukan kegiatan diskusi, dan mempresentasikan hasil diskusi. Skor tertinggi terdapat pada aspek aktivitas bekerja sama dengan teman dan skor terendah terdapat pada aspek presentasi. Data angket kemenarikan model pembelajaran TPS menunjukan bahwa 75,9% siswa menyatakan bahwa model pembelajaran TPS menarik yaitu dalam hal dapat mengembangkan kemampuan pribadi dan dapat berinteraksi baik dengan teman sehingga memudahkan siswa untuk memahami materi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TPS meningkatkan kecakapan berpikir rasional siswa kelas X SMA Gajah Mada Bandar Lampung materi pokok Ekosistem. Kata kunci: TPS, Kecakapan Berpikir Rasional, Ekosistem.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:04 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13761 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |