0813024043, Ria Ratna Fauziah (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Assalam Tanjungsari Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
1. COVER DEPAN.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAM.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Halaman Pengesahan.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Riwayat Hidup.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. PERSEMBAHAN.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. PERNYATAAN.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Sanwacana.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf Download (76Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (241Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (562Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran Biologi. Keterampilan berpikir kritis ini digunakan untuk memecahkan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari, dan untuk bersaing pada era globalisasi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan. Penelitian ini adalah kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok non-ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang ditentukan secara purpossive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai rata-rata pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-gain siswa yang menggunakan multimedia interaktif melalui model kooperatif tipe TAI adalah 0,60 sedangkan siswa yang menggunakan media gambar melalui metode diskusi sebesar 0,48. Rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kritis semua indikator yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi (eksperimen = 47,01; kontrol = 40,88). Rata-rata persentase aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati berkriteria tinggi tinggi (eksperimen = 79,90%; kontrol = 69,07%). Selain itu, sebagian besar siswa (91,17%) memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan multimedia interaktif melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Kata kunci : multimedia interaktif, model TAI, keterampilan berpikir kritis, Sistem Pencernaan.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Teti Novianti |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:05 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:05 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13768 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |