0643024058, Winda Maylani (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERPIMPIN PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kalianda Lampung Selatan Tahun Ajaran 2010/2011). Digital Library.
|
File PDF
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (212Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (221Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (367Kb) | Preview |
|
File PDF
BaB IV Hasil Dan Pembahasan.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (459Kb) |
||
|
File PDF
Bab V Kesimpulan.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162Kb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak.pdf Download (87Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER2.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (82Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terpimpin terhadap keterampilan proses siswa pada materi pokok Sistem Peredaran Darah. Desain penelitian adalah pretes postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai rata-rata pretes dan postes pada setiap pertemuan, dihitung dengan rumus skor N-gain keterampilan proses siswa. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penerapan model pembelajaran inkuiri terpimpin dengan skor gain lebih tinggi (61, 98) dibandingkan tanpa metode inkuiri terpimpin (21, 63). Keterampilan proses siswa setelah melaksanakan pembelajaran pada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran inkuiri terpimpin lebih tinggi daripada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi kelompok. Berdasarkan analisis pretes postes pada tiap-tiap keterampilan proses yaitu mengamati, klasifikasi, interpretasi, dan prediksi terdapat peningkatan proses siswa sebelum dan sesudah pembelajaran inkuiri. Pada kelas eksperimen indikator keterampilan proses yang paling tinggi adalah mengamati sedangkan pada kelas kontrol indikator klasifikasi. Metode pembelajaran inkuiri juga berpengaruh terhadap aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran yang berpengaruh terhadap penguasaan materi siswa, hal ini terlihat dari nilai lembar kerja siswa. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran inkuiri terpimpin terhadap keterampilan proses siswa pada materi pokok Sistem Peredaran Darah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran inkuiri terpimpin berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses siswa. Indikator keterampilan proses siswa meningkat setiap pertemuan. Aktivitas belajar siswa selama pembelajaran lebih tinggi mengunakan metode pembelajaran inkuiri dibandingkan metode pembelajaran diskusi. Kata kunci : metode inkuiri, sistem peredaran darah, keterampilan proses.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 22 Oct 2015 10:18 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2015 10:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13811 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |