PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERPIMPIN PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kalianda Lampung Selatan Tahun Ajaran 2010/2011)

0643024058, Winda Maylani (2011) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERPIMPIN PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kalianda Lampung Selatan Tahun Ajaran 2010/2011). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (212Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (221Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (367Kb) | Preview
[img] File PDF
BaB IV Hasil Dan Pembahasan.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (459Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab V Kesimpulan.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER2.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (82Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran inkuiri terpimpin terhadap keterampilan proses siswa pada materi pokok Sistem Peredaran Darah. Desain penelitian adalah pretes postes tak ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari nilai rata-rata pretes dan postes pada setiap pertemuan, dihitung dengan rumus skor N-gain keterampilan proses siswa. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada penerapan model pembelajaran inkuiri terpimpin dengan skor gain lebih tinggi (61, 98) dibandingkan tanpa metode inkuiri terpimpin (21, 63). Keterampilan proses siswa setelah melaksanakan pembelajaran pada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran inkuiri terpimpin lebih tinggi daripada kelas yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi kelompok. Berdasarkan analisis pretes postes pada tiap-tiap keterampilan proses yaitu mengamati, klasifikasi, interpretasi, dan prediksi terdapat peningkatan proses siswa sebelum dan sesudah pembelajaran inkuiri. Pada kelas eksperimen indikator keterampilan proses yang paling tinggi adalah mengamati sedangkan pada kelas kontrol indikator klasifikasi. Metode pembelajaran inkuiri juga berpengaruh terhadap aktivitas siswa pada saat proses pembelajaran yang berpengaruh terhadap penguasaan materi siswa, hal ini terlihat dari nilai lembar kerja siswa. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode pembelajaran inkuiri terpimpin terhadap keterampilan proses siswa pada materi pokok Sistem Peredaran Darah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran inkuiri terpimpin berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses siswa. Indikator keterampilan proses siswa meningkat setiap pertemuan. Aktivitas belajar siswa selama pembelajaran lebih tinggi mengunakan metode pembelajaran inkuiri dibandingkan metode pembelajaran diskusi. Kata kunci : metode inkuiri, sistem peredaran darah, keterampilan proses.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 22 Oct 2015 10:18
Terakhir diubah: 22 Oct 2015 10:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13811

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir