Mugi Wiyono, FEBTI LISTIANA DAMAYANTI (2013) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HAL. PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (234Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HAL. PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (323Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (295Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (310Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (239Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (905Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (44Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2084Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan aktivitas dan kreativitas pada Mata Pelajaran Kewirausahaan khususnya materi mengelola konflik pada siswa kelas X di SMK Taman Karya Madya Teknik I Tanjung Karang Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan Metode diskusi kelompok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah berupa proses pembelajaran siswa dan kreativitas siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar pengamatan kinerja pendidik, pengamatan sikap, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa dalam mengidentifikasi masalah. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata persentase keaktifan dan kreativitas siswa pada setiap siklusnya. Siklus I persentase keaktifan siswa 60,50 % dan kreatifitas memperoleh persentase sebesar 61,15%. Pada siklus II persentase keaktifan siswa naik menjadi 67,00% dan kreatifitas memperoleh persentase sebesar 68,06%. Begitu pula dengan siklus III, persentase keaktifan siswa naik menjadi 76,75% dan kreatifitas memperoleh persentase sebesar 76,27%. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian tersebut, bahwa pembelajaran dengan metode diskusi kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas siswa dalam mengidentifikasi masalah pada mata pelajaran kewirausahaan khususnya materi mnegelola konflik pada sisa kelas X di SMK Tamana Krya Madya Teknik I Tanjung Karang Tahun Pelajaran 2012/2013 Kata Kunci : metode diskusi kelompok, aktivitas dan kreativitas
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 22 Mar 2014 04:58 |
Terakhir diubah: | 22 Mar 2014 04:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1409 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |