PENGARUH AKTIVASI FISIK DAN NaOH-FISIK PADA ADSORBEN FLY ASH BATU BARA DENGAN VARIASI MASSA DAN NORMALITAS TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS BUANG MOTOR BENSIN 4-LANGKAH

Mario, 0915021037 (2015) PENGARUH AKTIVASI FISIK DAN NaOH-FISIK PADA ADSORBEN FLY ASH BATU BARA DENGAN VARIASI MASSA DAN NORMALITAS TERHADAP PRESTASI MESIN DAN EMISI GAS BUANG MOTOR BENSIN 4-LANGKAH. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK english.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK indo.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER Dalam.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Halaman Persetujuan(1).pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Pengesahan(1).pdf

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Pernyataan Penulis(1).pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. Riwayat Hidup.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Persembahan.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Motto.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Sanwacana ok.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI ok.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. DAFTAR GAMBAR ok.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. DAFTAR TABEL ok.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
14. BAB I ok.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
15. BAB II ok.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
16. BAB III motor bensin ok.pdf

Download (627Kb) | Preview
[img] File PDF
17. BAB IV revisi abis kompre ok.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (605Kb)
[img]
Preview
File PDF
18. Bab V ok.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
19. DAFTAR PUSTAKA ok.pdf

Download (19Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

PLTU yang menggunakan batubara sebagai bahan baku pembakarannya menghasilkan limbah yang dapat mencemari lingkungan, salah satunya fly ash. PerPem No 18 dan 85 tahun 1999, mengklasifikasikan fly ash sebagai limbah B-3 Penelitian ini menggunakan beberapa variasi pengujian, yaitu pengujian berjalan kecepatan konstan 50 km/jam dengan jarak 5 km, pengujian akselerasi kecepatan 0-80 km/jam, pengujian stasioner putaran 1000, 3000, dan 5000 rpm, serta pengujian emisi gas buang putaran 1500 dan 3500 rpm. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh variasi massa dan normalitas filter fly ash internal aktivasi fisik dan NaOH-fisik terhadap prestasi mesin motor bensin 4-langkah. Pelet fly ash dalam penelitian ini memiliki diameter 10 mm dan tebal 3 mm, di kemas dalam suatu frame dan dibentuk sesuai dengan filter udara kendaraan uji. Komposisi yang digunakan adalah 64% fly ash, 32% air dan 4% tapioka, dengan variasi massa dan normalitas. Aktivasi dilakukan pada temperatur 150 C selama 1 jam. Pada pengujian berjalan efisiensi terbesar didapat dari filter fly ash 0,5N massa 30 gram sebesar 22,381%. Pada uji stasioner, didapat dari filter fly ash 0,25N massa 30 gram pada putaran 5000 rpm dengan efisiensi sebesar 27,586%. Uji akselerasi efisiensi terbesar didapat dari filter aktivasi fisik massa 20 gram dengan nilai efisiensi 7,145%. Sedangkan pada uji emisi gas buang, penurunan kadar CO dan HC terbesar terjadi pada fly ash aktivasi fisik massa 30 gram, masing-masing sebesar 28,333% dan 30,883%. Dan peningkatan kadar CO terbesar terjadi pada penggunaan filter fly ash 0,75N massa 30 gram dengan nilai 6,061%. Abstrak Bahasa Inggris Power plants that used coal as raw material in combustion process are producing waste that can contaminate environment, one of them is fly ash. Indonesia goverment law's no 18 and 85 of year 1999, classified fly ash as toxical and hazardous waste. One of effective way to re-use fly ash is to use it as adsorbent. This research was used some variations of test, that were road test with constant velocity at 50 km/hr in 5 km distance, acceleration test from 0-80 km/hr, stationer test at 1000, 3000, and 5000 rpm, and exhaust gas emission test at 1500 adn 3500 rpm. The purpose of this research was to know the effects of physically and chemically activated fly ash adsorbent on engine performance and exhaust gas emission of 4-stroke motorcycle. Composition that used in this research are 64% fly ash, 32% water and 4% tapioca, with mass variation and normality. Activation was done at 150 0 C temperature for 1 hour. Fly ash pellets in this research had 10 mm diameter and 3 mm thick, packed in a frame and formed as the air filter of the motorcycle test. On road test , the highest consumption reduction, obtained from fly ash pellets 0,25N mass 30 gram was 22,381%. In stationer test, it occured in using pellets 0,25N mass 30 gram at 5000 rpm with consumption reduction 27,586%. Where as in acceleration test, it was obtained from pellet physically activated mass 20 gram with acceleration rise 7,145%. Meanwhile in exhaust gas emission test, the highest reduction of CO and HC occured in using pellets physically activated mass 30 gram, with reduction 28,333% dan 30,883%. And highest increase of CO was obtained from pellets 0,75N mass 30 gram was 6,061%. 2

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Teknik mesin dan mesin
> Teknik mesin dan mesin
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: 5418182 . Digilib
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:52
Terakhir diubah: 16 Mar 2022 06:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14101

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir