Iskandar, ARI SULISTIYAWATI (2013) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK COMPACT DISC TUTORIAL MATERI DESAIN GRAFIS BAGI SISWA KELAS XII SMA DI PESAWARAN. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
4. Cover Dalam.pdf - Published Version Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. Abstrak.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Lembar Persetujuan.pdf - Published Version Download (309Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version Download (335Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Pernyataan.pdf - Published Version Download (347Kb) | Preview |
|
|
File PDF
10. Daftar Isi.pdf - Published Version Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (580Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (410Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2726Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (24Kb) | Preview |
|
Archive
Lampiran.zip - Published Version Download (4Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan CD tutorial pembelajaran desain grafis pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan daya tarik, efisiensi dan efektifitas pembelajaran bagi siswa kelas XII SMA di Pesawaran. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian pengembangan. Populasi pada penelitian ini adalah siswa Kelas XII SMA di Pesawaran dengan sampel siswa di SMA N 1 Kedondong, SMA N 1 Way Lima dan SMA N 2 Tegineneng. Teknik pengumpulan data melalui angket dan lembar observasi kerja praktik siswa. Analisis data dilakukan melalui analisis deskriptif dan uji gain. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bahan ajar desain grafis berupa CD tutorial layak dikembangkan. Media dibangun menggunakan aplikasi Lectora dan validasi ahli media, ahli materi dan ahli pengembang kurikulum. Evaluasi pengembangan media ini menunjukkan daya tarik media bernilai baik dengan nilai 3,12. Uji efektifitas pada aspek kognitif menunjukan nilai gain sebesar 0,49 yang berarti media yang dikembangkan cukup efektif dalam peningkatan prestasi belajar siswa. Pada aspek psikomotor, perbandingan nilai kemampuan siswa yang menggunakan media lebih besar yaitu 7,1 dan 5,0. Efisiensi pembelajaran dihasilkan rasio lebih dari 1 yaitu sebesar 1,55 menunjukkan media efisien untuk digunakan. Kata kunci : CD tutorial, desain grafis, daya tarik, efektif, efisien
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 22 Mar 2014 04:59 |
Terakhir diubah: | 22 Mar 2014 04:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1415 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |