STUDI PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) DAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT ) PADA HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL. ( Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangunrejo Tahun Pelajaran 2011/2012 )

0613031038, Rudi Haryanto (2012) STUDI PERBANDINGAN ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) DAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT ( TGT ) PADA HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL. ( Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangunrejo Tahun Pelajaran 2011/2012 ). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. Cover.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
menyetujui.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 111.pdf

Download (226Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab I.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
babII.pdf

Download (309Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
V.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar grafik.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] File PDF
IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (14Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe TGT dengan memperhatikan kemampuan awal belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi.Penelitian ini tergolong penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1Bangunrejotahun pelajaran 2011/2012yang terdiri dari 6 kelas sebanyak 205 siswa pada semester ganjil. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel berjumlah 66 siswa dari dua kelas yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan awal dan tes hasil belajar. Kemudian, data dianalisis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test separated varians Hasil pengujian hipotesis menunjukkan : 1) Pengujian hipotesis pertama menggunakan rumus Analisis Varian Dua Jalan diperoleh Fhitung 54.961 dan Ftabel 4.08, menunjukan bahwa Fhitung>Ftabel, maka hipotesis diterima. 2) Pada hipotesis keduamenggunakan rumus T-test Dua Sampel Independen diperoleh Thitung 2.221 dan Ttabel 2.086, menunjukan bahwa Thitung> Ttabel, maka hipotesis diterima. 3) Hipotesis ketiga T-test Dua Sampel Independen diperoleh thitung 0.817 dan ttabel 2,086, menunjukan bahwa thitung < ttabel, maka hipotesis di tolak. 4) Hipotesis keempat Analisis Varian Dua Jalan diperoleh Fhitung 0,567 dan Ftabel 4,08, menunjukan bahwa Fhitung<Ftabel, maka hipotesis di tolak. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe NHT di bandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe TGT. 2. Hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan kooperatif tipe TGT pada siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi. 3. Hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe TGTpada siswa yang memiliki kemampuan awal rendah. 4. Tidak ada interaksi antara model pembelajaraan kooperatif dengan kemampuan awal siswa pada pada mata pelajaran ekonomi. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT, kemampuan awal, hasil belajar.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 05 Nov 2015 06:37
Terakhir diubah: 05 Nov 2015 06:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14370

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir