0853023048, RESI SARI YANDRA (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
BAB-1 .pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab-II .pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab-III .pdf Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 5 .pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
i.COVER.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ii.PERNYATAAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
iii.ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
iv. cover dalam.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ix.MOTTO.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENDAHULUAN .pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
v.menyetujui.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
vi.MENGESAHKAN.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
vii.RIWAYAT HIDUP.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
viii.PERSEMBAHAN.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
|
File PDF
xi.DAFTAR ISI.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (279Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran kimia di sekolah cenderung hanya menghafal konsep dan kurang mampu menggunakan konsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan konsep yang dimiliki. Akibatnya pembelajaran kimia menjadi kehilangan daya tariknya dan lepas relevansinya dengan dunia nyata yang seharusnya menjadi objek ilmu pengetahuan tersebut. Oleh karena itu, dirancang pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Siklus Belajar Empiris Induktif (SBEI). Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran SBEI dalam meningkatan penguasaan konsep pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Gadingrejo kelas X 1 dan kelas X 3 Tahun Ajaran 2011-2012 yang memiliki kemampuan akademik relatif sama. Efektivitas model pembelajaran SBEI diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain penguasaan semester genap konsep untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing adalah 0,498 dan 0,572. Berdasarkan uji hipotesis, disimpulkan bahwa kelas dengan pembelajaran SBEI memiliki penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran SBEI lebih efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: pembelajaran dengan model Siklus Belajar Empiris Induktif, penguasaan konsep.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 05:56 |
Terakhir diubah: | 23 Nov 2015 05:56 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14730 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |