1013079022 , DWI NURMAYASARI (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BRANTI RAYA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (118Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar lampiran.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar TABEL.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
kata pengantar.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (4025b) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 5.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (327Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini berangkat dari masalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Matematika. Salah satu penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa antara lain guru belum menggunakan alat peraga secara optimal serta rendahnya daya tarik siswa terhadap bidang studi Matematika, bahkan Matematika itu pelajaran yang sulit dan membingungkan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Branti Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan pada mata pelajaran Matematika. Dari permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran, penulis memilih penggunaan alat peraga untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research), yaitu suatu penelitian tindakan yang dikemas dengan pendekatan supervisi. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap-tiap siklus melalui tahapan sebagai berikut ; (1) Tahap perencanaan, (2) Tahap pelaksanaan, (3) Tahap observasi, (4) Tahap refleksi. Metode pengumpulan data penelitian tindakan kelas ini dengan menggunakan observasi mengenai aktivitas dan hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran Matematika dan soal-soal evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika kelas IV SD Negeri 2 Branti Raya Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (74,1%) menjadi (79,4%) pada siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I (6,4) menjadi (7,0) pada siklus II. Kata kunci : alat peraga, aktivitas dan hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 05:59 |
Terakhir diubah: | 23 Nov 2015 05:59 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14787 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |