0813053054, Renshi Marchelina (2012) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 4 SUKADAMAI LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Other thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
1 cover-motto.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2 persembahan, dst.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (104Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (394Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover2.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (19Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 4 Sukadamai. Siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) 60 hanya 10 siswa (31,2%) dari jumlah keseluruhan 32 siswa dan nilai rata-rata kelasnya rendah yaitu 51,5. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 4 Sukadamai dengan menggunakan model cooperative learning type TSTS. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan persentase aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas siswa berada pada kualifikasi cukup aktif dengan rata-rata persentase 59,66 %, siklus II kualifikasi aktif dengan rata-rata persentase 72,02 %, dan pada siklus III menjadi sangat aktif dengan rata-rata persentase 81,39 %. Pada hasil belajar siswa, siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebesar 62,5 % dengan nilai rata-rata 57,2, siklus II menjadi 71,88 % dengan nilai rata-rata 63,4, dan pada siklus III meningkat menjadi 84,38 % dengan nilai rata-rata 76,5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning type TSTS pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 4 Sukadamai Lampung Selatan.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Other) |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 07 Dec 2015 02:04 |
Terakhir diubah: | 07 Dec 2015 02:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15171 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |