0613023023, ELIZABETH (2010) PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA (PTK pada Kelas X1 SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung TP 2009/2010). Digital Library.
|
File PDF
1.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
File PDF
4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (310Kb) |
||
|
File PDF
5.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. Cover.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2. ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. Cover In.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. Menyetujui.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6.RIWAYAT.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Persembahan.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
8. MOTTO.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
9. SANWACANA.pdf Download (177Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (70Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi di SMA Surya Dharma 2 Bandar Lampung diketahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi hukum-hukum dasar kimia. Hal ini dikarenakan guru cenderung menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan latihan soal. Metode ceramah yang dilakukan satu arah membuat siswa menjadi pasif sehingga siswa kurang aktif dilibatkan dalam proses penemuan konsep yang menyebabkan siswa tidak terlatih menggunakan KGS seperti membangun konsep. Salah satu alternatif pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas on task, penguasaan konsep dan ketuntasan belajar pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia yaitu pembelajaran dengan menggunaan LKS berbasis keterampilan generik sains. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menggunakan LKS berbasis keterampilan generik sains dalam meningkatkan aktivitas on task siswa, penguasaan konsep siswa, dan ketuntasan belajar. Jenis penelitian ini adalah Elizabeth penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 orang siswa kelas X1 terdiri dari 13 laki-laki dan 14 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran dengan menggunakan LKS berbasis keterampilan generik sains, setiap jenis aktivitas on task, penguasaan konsep, dan ketuntasan belajar siswa pada materi pokok hukum-hukum dasar kimia meningkat dari siklus I ke siklus II. Pembelajaran ini dilakukan melalui kegiatan praktikum dan diskusi, yang dapat membantu siswa untuk menemukan konsep sesuai bimbingan guru sehingga siswa menjadi lebih termotivasi dan fokus dalam pembelajaran.Ini berarti pembelajaran menggunakan LKS berbasis keterampilan generik sains dapat meningkatkan aktivitas, penguasaan konsep siswa dan ketuntasan belajar siswa. Kata kunci: pembelajaran LKS berbasis KGS, aktivitas, penguasaan konsep siswa, ketuntasan belajar siswa.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 01:53 |
Terakhir diubah: | 14 Dec 2015 01:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15530 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |