STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA

Mintoyo, GABRIELA SABATINI (2014) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MEMPERHATIKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (175Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (81Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (145Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (97Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (255Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (1831Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif TAI dengan model kooperatif GI. 2) Perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. 3) Perbedaan hasil belajar ekonomi antarmodel pembelajaran dan antarkemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) siswa. 4) Interaksi antara model kooperatif tipe TAI dengan model kooperatif tipe GI dan antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah terhadap hasil belajar ekonomi. 5) Perbedaan efektivitas antara model kooperatif tipe TAI dan model kooperatif tipe GI. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumberjaya Tahun Pelajaran 2013/2014 berjumlah 140 siswa. Sampel yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling berjumlah 2 kelas (XI IPS 1 dan XI IPS 3). Instrumen penelitian berupa tes (pre test dan post test). Pengujian hipotesis menggunakan rumus anava dua jalur dan efektivitas manual. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model TAI dengan model GI, diperoleh Fhitung = 0,204< Ftabel = 3,13. 2) Ada perbedaan hasil belajar ekonomi antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah, diperoleh Fhitung = 12,194 > Ftabel = 3,13. (3) Ada perbedaan hasil belajar ekonomi antarmodel pembelajaran dan antarkemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) siswa, diperoleh Fhitung = 5,192 > Ftabel = 3,13 (4) Tidak ada interaksi antara model kooperatif tipe TAI dengan model kooperatif tipe GI dan antara siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil Gabriela Sabatini belajar ekonomi, diperoleh Fhitung = 0,693 > Ftabel = 3,13. (5) Ada perbedaan efektivitas antara model kooperatif tipe TAI dengan model kooperatif tipe GI, diperoleh Δ TAI = 17,34 < Δ GI = 18,47 dan efektivitas sebesar 0,939. Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, TAI, GI, Kemampuan Awal

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 09 May 2014 07:58
Last Modified: 09 May 2014 07:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item View Item