0713022031, HENDRI NOPERI (2011) PENGEMBANGAN KOMIK PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DESAIN GRAFIS MATERI GERAK PADA S1SWA SMP. Digital Library.
|
File PDF
1.pdf Download (5Mb) | Preview |
|
|
File PDF
5.pdf Download (1077Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3.pdf Download (7Mb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak.pdf Download (471Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2.pdf Download (19Mb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
File PDF
4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (23Mb) |
||
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (282Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (564Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (259Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LAMPIRAN.pdf Download (271Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (502Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (781Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi yang dilakukan kepada guru fisika dan siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Bandar Lampung dan SMP PGRI I Bumi Agung, diketahui bahwa proses pembelajaran fisika yang dilakukan guru sering tidak mengajarkan aplikasi fisika dalam kehidupan siswa. Selain itu, media belajar berbasis cetak saat ini pun bersifat verbalistis dan belum mampu mengaitkan fisika dengan kehidupan di sekitar siswa. Proses pembelajaran dan minimnya media yang dapat mengaitkan antara teori dan aplikasi di kehidupan siswa membuat siswa merasa jenuh mempelajari fisika. Komik pembelajaran fisika adalah media yang mampu mengaitkan konsep fisika dengan kehidupan di sekitar siswa. Kondisi ini yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian, mengembangkan komik pembelajaran fisika sebagai media suplemen yang diduga menarik dan efektif bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan komik pembelajaran fisika berbasis desain grafis yang bertujuan mendeskripsikan karakteristik Komik Pembelajaran Fisika Berbasis Desain Grafis yang sesuai sebagai suplemen rnateri gerak pada siswa SMP dan mengetahui kemenarikan dan keefektifan Kornik Pembelajaran Fisika Berbasis Desain Grafis. Penelitian pengembangan komik pembelajaran fisika ini dilakukan dengan mengikuti prosedur (1) analisis kebutuhan, (2) membuat tujuan, (3) menentukan pokok materi, (4) penulisan sinopsis (5) penulisan naskah awal, (6) produksi prototipe, (7) evaluasi, (8) revisi, (9) penulisan naskah akhir, (10) uji coba dan (11) komik final. Hasil tes dengan uji operasional menunjukkan bahwa 84,21% siswa dapat lulus di atas KKM SMP N 7 Bandar Lampung dan hasil dari uji kemenarikan yang diambil dari skor angket yaitu 3,51 menunjukkan bahwa komik pembelajaran fisika ini efektif dan sangat menarik untuk dipelajari. Key word : penelitian dan pengembangan, komik pembelajaran, desain grafis, media suplemen.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 Dec 2015 07:11 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2015 07:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/15847 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |