PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU KELAS 1 SD NEGERI 2 SUKOHARJO II SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU

1013119175, Setyaningsih (2012) PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU KELAS 1 SD NEGERI 2 SUKOHARJO II SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (136Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (154Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (248Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (16Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengantar.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (4Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dihadapi dalam penelitian adalah prestasi belajar IPA siswa kelas 1 SD Negeri 2 Sukoharjo II tahun pelajaran 2011-2012 masih rendah. Dalam kegiatan pembelajaran IPA di sekolah guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah sebagai satu-satunya metode yang digunakan sehingga menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi tidak menarik dan membosankan, akibatnya prestasi belajar siswa menjadi rendah. Berdasarkan masalah yang dihadapi peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran terpadu dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1 SD Negeri 2 Sukoharjo II pada mata pelajaran IPA. Manfaat yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bagi siswa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA, sedangkan bagi guru dapat meningkatkan profesionalisme guru untuk perbaikan pembelajaran, bagi sekolah dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka memperbaiki kualitas pendidikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran terpadu rata-rata prestasi belajar siswa tiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa (33,33 %) dan yang belum tuntas sebanyak 16 siswa (66,67%) dengan rata-rata prestasi belajar 60,58. Pada siklus II dilakukan perbaikan-perbaikan dalam pembelajaran sehingga 16 siswa (66,67%) yang belum tuntas pada siklus I dapat mencapai ketuntasan pada siklus II dengan rata-rata evaluasi adalah 73,58. Dari pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas 1 SD Negeri 2 Sukoharjo II tahun pelajaran 2011-2012. Saran bagi guru yang lainnya agar menggunakan model pembelajaran terpadu karena model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah. Kata Kunci : Prestasi dan Model Pembelajaran Terpadu

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 08 Jan 2016 09:22
Terakhir diubah: 08 Jan 2016 09:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16750

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir