1013119175, Setyaningsih (2012) PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU KELAS 1 SD NEGERI 2 SUKOHARJO II SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU. Digital Library.
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (154Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (248Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (16Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengantar.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (4Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah yang dihadapi dalam penelitian adalah prestasi belajar IPA siswa kelas 1 SD Negeri 2 Sukoharjo II tahun pelajaran 2011-2012 masih rendah. Dalam kegiatan pembelajaran IPA di sekolah guru masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah sebagai satu-satunya metode yang digunakan sehingga menyebabkan kegiatan pembelajaran menjadi tidak menarik dan membosankan, akibatnya prestasi belajar siswa menjadi rendah. Berdasarkan masalah yang dihadapi peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran terpadu dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 1 SD Negeri 2 Sukoharjo II pada mata pelajaran IPA. Manfaat yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bagi siswa dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA, sedangkan bagi guru dapat meningkatkan profesionalisme guru untuk perbaikan pembelajaran, bagi sekolah dapat memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka memperbaiki kualitas pendidikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran terpadu rata-rata prestasi belajar siswa tiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa (33,33 %) dan yang belum tuntas sebanyak 16 siswa (66,67%) dengan rata-rata prestasi belajar 60,58. Pada siklus II dilakukan perbaikan-perbaikan dalam pembelajaran sehingga 16 siswa (66,67%) yang belum tuntas pada siklus I dapat mencapai ketuntasan pada siklus II dengan rata-rata evaluasi adalah 73,58. Dari pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas 1 SD Negeri 2 Sukoharjo II tahun pelajaran 2011-2012. Saran bagi guru yang lainnya agar menggunakan model pembelajaran terpadu karena model pembelajaran terpadu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa disekolah. Kata Kunci : Prestasi dan Model Pembelajaran Terpadu
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT . Neti Yuliawati |
Date Deposited: | 08 Jan 2016 09:22 |
Terakhir diubah: | 08 Jan 2016 09:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16750 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |