0543024030, MELINDA DWI PUSPITA SARI (2012) PENGARUH PENGGUNAAN TEHNIK PENCATATAN MIND MAP TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IX SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG (Materi Pokok Sisitem Ekskresi Pada Manusia Semester Ganjil TP 2011/2012). Digitalibrary.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
judul skripsi.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
PERNYATAAN.docx Download (10Kb) |
||
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (229Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN TEHNIK PENCATATAN MIND MAP TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IX SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG (Materi Pokok Sisitem Ekskresi Pada Manusia Semester Ganjil TP 2011/2012) Oleh MELINDA DWI PUSPITA SARI Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan tehnik pencatatan Mind Map terhadap berpikir kreatif siswa dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok Sistem Ekskresi pada manusia. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretest-posttest nonequivalen group. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IXH dan IXD yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif yaitu berpikir kreatif siswa yang diukur berdasarkan aktivitas siswa selama proses belajar berlangsung. Data penelitian kuantitatif yaitu berupa penilaian hasil belajar yang diperoleh dari pretes dan postes, kemudian dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dengan menggunakan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas yang menggunakan tehnik pencatatan Mind Map lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang pembelajaranya tidak menggunakan tehnik pencatatan Mind Map (Diskusi). Hal ini berarti tehnik pencatatan Mind Map sangat berpengaruh terhadap berpikir kreatif siswa. Tehnik pencatatan Mind Map juga berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa pada saat proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan tehnik pencatatan Mind Map lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tehnik pencatatan Mind Map meningkatkan berpikir kreatif siswa pada materi pokok Sistem Ekskresi pada manusia. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran lebih tinggi kelas eksperimen dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa kelas kontrol. Kata kunci : tehnik pencatatan Mind Map, berpikir kreatif, Sistem Ekskresi pada manusia.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT Anita Ekarini |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 02:45 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 02:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17085 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |