0643024040 ok 0, NURUL HASANAH (2012) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING (Quasi EksperimenpadaSiswaKelas XI di SMA Negeri 13 Bandar Lampung Semester GanjilTahunPelajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
depan nurul_2.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (60Kb) |
||
|
File PDF
BAB 2 perbaikan ke 3_2_2.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 5.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
abstrak.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 1.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover 2.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cv.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
motto.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (17Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING (Quasi EksperimenpadaSiswaKelas XI di SMA Negeri 13 Bandar Lampung Semester GanjilTahunPelajaran 2011/2012) Oleh NURUL HASANAH Berdasarkanhasilobservasiawal di SMA Negeri 13 Bandar Lampung diketahuibahwa nilai rata-rata siswakelas XI IPA tahunpelajaran (2010/2011) padamateripokokSistemGerakpadaManusiamasihrendahhalinidapatterjadikarenakurangnyakesesuaian model pembelajaran yang digunakan guru denganadanyavariasigayabelajarsiswa. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui: (1) pengaruhgayabelajarterhadappeningkatanpenguasaanmateripokokSistemGerakpadaManusiamelalui model pembelajaraninkuiriterbimbing; (2) gayabelajar yang menghasilkanpenguasaanmateripokokSistemGerakpadaManusia yang paling tinggimelalui model pembelajaraninkuiriterbimbing. PenelitianinimerupakankuasieksperimendengandesainpenelitianberupaOne Group Pretest-Posttest Design.Data penelitien ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data nilai penguasaan materi yang diperoleh dari nilai pretest, posttest dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji anova pada taraf kepercaaan 5%melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa data gaya belajar siswa peroleh melalui pengisian angket oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 13 Bandar Lampung yang memiliki gaya belajr visual sebanyak 10 siswa, auditori 17 siswa dan kinestetik 8 siswa dari jumlah keseluruhan 35 siswa. Setelah dilakukan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata N-gain penguasaan materi siswa pada ketiga kelompok gaya belajar visual, auditori dan kinestetik berturut-turut adalah 82,32; 76,69; dan 74,90. Penguasaanmaterisiswa yang memilikigayabelajar visual berbedasignifikandengankinestetik. Namunantarasiswa yang memilikigayabelajar visual denganauditorimaupunkinestetikdenganauditoritidakberbedanyata. Kelompoksiswa yang memilikigayabelajar visual menghasilkan N-gainpaling tinggidibandingkandengangayabelajarauditorimaupunkinestetik. Dengandemikiandapatdinyatakanbahwagayabelajarsiswa (visual, auditoridankinestetik) berpengaruhnyataterhadappenguasaanmateripokokSistemGerakpadaManusia. Kata kunci : Gaya Belajar, inkuiri, Penguasaan Materi, Materi Sistem Gerak Manusia.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | UPT Anita Ekarini |
Date Deposited: | 14 Jan 2016 02:47 |
Terakhir diubah: | 14 Jan 2016 02:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17343 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |