PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING (Quasi EksperimenpadaSiswaKelas XI di SMA Negeri 13 Bandar Lampung Semester GanjilTahunPelajaran 2011/2012)

0643024040 ok 0, NURUL HASANAH (2012) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING (Quasi EksperimenpadaSiswaKelas XI di SMA Negeri 13 Bandar Lampung Semester GanjilTahunPelajaran 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
depan nurul_2.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (60Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 2 perbaikan ke 3_2_2.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 1.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover 2.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cv.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
motto.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (17Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING (Quasi EksperimenpadaSiswaKelas XI di SMA Negeri 13 Bandar Lampung Semester GanjilTahunPelajaran 2011/2012) Oleh NURUL HASANAH Berdasarkanhasilobservasiawal di SMA Negeri 13 Bandar Lampung diketahuibahwa nilai rata-rata siswakelas XI IPA tahunpelajaran (2010/2011) padamateripokokSistemGerakpadaManusiamasihrendahhalinidapatterjadikarenakurangnyakesesuaian model pembelajaran yang digunakan guru denganadanyavariasigayabelajarsiswa. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahui: (1) pengaruhgayabelajarterhadappeningkatanpenguasaanmateripokokSistemGerakpadaManusiamelalui model pembelajaraninkuiriterbimbing; (2) gayabelajar yang menghasilkanpenguasaanmateripokokSistemGerakpadaManusia yang paling tinggimelalui model pembelajaraninkuiriterbimbing. PenelitianinimerupakankuasieksperimendengandesainpenelitianberupaOne Group Pretest-Posttest Design.Data penelitien ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data nilai penguasaan materi yang diperoleh dari nilai pretest, posttest dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji anova pada taraf kepercaaan 5%melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa data gaya belajar siswa peroleh melalui pengisian angket oleh siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 13 Bandar Lampung yang memiliki gaya belajr visual sebanyak 10 siswa, auditori 17 siswa dan kinestetik 8 siswa dari jumlah keseluruhan 35 siswa. Setelah dilakukan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata N-gain penguasaan materi siswa pada ketiga kelompok gaya belajar visual, auditori dan kinestetik berturut-turut adalah 82,32; 76,69; dan 74,90. Penguasaanmaterisiswa yang memilikigayabelajar visual berbedasignifikandengankinestetik. Namunantarasiswa yang memilikigayabelajar visual denganauditorimaupunkinestetikdenganauditoritidakberbedanyata. Kelompoksiswa yang memilikigayabelajar visual menghasilkan N-gainpaling tinggidibandingkandengangayabelajarauditorimaupunkinestetik. Dengandemikiandapatdinyatakanbahwagayabelajarsiswa (visual, auditoridankinestetik) berpengaruhnyataterhadappenguasaanmateripokokSistemGerakpadaManusia. Kata kunci : Gaya Belajar, inkuiri, Penguasaan Materi, Materi Sistem Gerak Manusia.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: UPT Anita Ekarini
Date Deposited: 14 Jan 2016 02:47
Terakhir diubah: 14 Jan 2016 02:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17343

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir