0613023044, ROHNI ARISSA (2011) PENGGUNAAN METODE PENEMUAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP TERMOKIMIA (PTK Pada Siswa Kelas XI IPA I SMAN 13 Bandar Lampung TP 2010-2011). Digital Library.
|
File PDF
COVER.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (239Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (201Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (153Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (197Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi di SMAN 13 Bandar Lampung, proses pembelajaran pada materi pokok Termokimia TP 2009-2010, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, menjawab pertanyaan dan latihan soal. Hal itu menyebabkan siswa kurang aktif dilibatkan dalam proses penemuan konsep dan siswa kurang terlatih dalam menggunakan keterampilan proses sainsnya. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melatihkan keterampilan proses sains (KPS) menggunakan metode penemuan (Discovery). Penggunaan metode penemuan diduga dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep termokimia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan (1) persentase rata-rata KPS; (2) rata-rata penguasaan konsep siswa dan; (3) persentase ketuntasan belajar dari siklus ke siklus. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA I SMAN 13 Bandar Lampung TP 2010-2011 yang berjumlah 32 orang. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu data KPS dan penguasaan konsep siswa. Data KPS diungkap melalui lembar observasi dan data penguasaan konsep diungkap melalui tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II yang meliputi : (1) persentase rata-rata KPS siswa pada masing-masing indikator KPS, yaitu mengamati sebesar 8,09%, mengukur sebesar 8,62%, menyimpulkan sebesar 8,67%, dan mengkomunikasikan sebesar 13,03%; (2) rata-rata penguasaan konsep siswa sebesar 4,21; (3) persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 16,7%.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | TIK . 6 |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 02:44 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 02:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17568 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |