Samsul Arfin, LINIARTI (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA PADA MATERI KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version Download (247Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version Download (225Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (153Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (104Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (234Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (10Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3380Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan meng-komunikasikan. Tahap, pembelajaran inkuiri terbimbing yang digunakan terdiri dari 5 tahap yaitu : (1) mengajukan permasalahan atau pertanyaan, ( 2) merumus-kan hipotesis, dan (3) mengumpulkan data, (4) analisis data, (5) membuat ke-simpulan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Perintis 1 Bandar Lampung kelas XI IPA3 dan kelas XI IPA4 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013 yang memiliki karakter-istik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain ke- terampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksprimen masing-masing 0,34 dan 0,54; dan rerata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksprimen masing-masing 0,41 dan 0,59. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpul-kan dan mengkomunikasikan pada materi koloid. Kata kunci: keterampilan menyimpulkan dan mengkumunikasikan, Model inkuiri terbimbing
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 28 May 2014 07:45 |
Terakhir diubah: | 28 May 2014 07:45 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1783 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |