EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA PADA MATERI KOLOID

Samsul Arfin, LINIARTI (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA PADA MATERI KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (247Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (225Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (104Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (234Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3380Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan meng-komunikasikan. Tahap, pembelajaran inkuiri terbimbing yang digunakan terdiri dari 5 tahap yaitu : (1) mengajukan permasalahan atau pertanyaan, ( 2) merumus-kan hipotesis, dan (3) mengumpulkan data, (4) analisis data, (5) membuat ke-simpulan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Perintis 1 Bandar Lampung kelas XI IPA3 dan kelas XI IPA4 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013 yang memiliki karakter-istik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain ke- terampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksprimen masing-masing 0,34 dan 0,54; dan rerata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksprimen masing-masing 0,41 dan 0,59. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpul-kan dan mengkomunikasikan pada materi koloid. Kata kunci: keterampilan menyimpulkan dan mengkumunikasikan, Model inkuiri terbimbing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 07:45
Terakhir diubah: 28 May 2014 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1783

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir