EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA PADA MATERI KOLOID

Samsul Arfin, LINIARTI (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMPULKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN SISWA PADA MATERI KOLOID. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (247Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (225Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (104Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (234Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (3380Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan menyimpulkan dan meng-komunikasikan. Tahap, pembelajaran inkuiri terbimbing yang digunakan terdiri dari 5 tahap yaitu : (1) mengajukan permasalahan atau pertanyaan, ( 2) merumus-kan hipotesis, dan (3) mengumpulkan data, (4) analisis data, (5) membuat ke-simpulan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Perintis 1 Bandar Lampung kelas XI IPA3 dan kelas XI IPA4 semester genap Tahun Ajaran 2012-2013 yang memiliki karakter-istik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata n-Gain ke- terampilan menyimpulkan untuk kelas kontrol dan eksprimen masing-masing 0,34 dan 0,54; dan rerata n-Gain keterampilan mengkomunikasikan untuk kelas kontrol dan eksprimen masing-masing 0,41 dan 0,59. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat kesimpulan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan menyimpul-kan dan mengkomunikasikan pada materi koloid. Kata kunci: keterampilan menyimpulkan dan mengkumunikasikan, Model inkuiri terbimbing

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 28 May 2014 07:45
Last Modified: 28 May 2014 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1783

Actions (login required)

View Item View Item