EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN PENJELASAN LANJUT SISWA

0813023050, Susi Susanti (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN PENJELASAN LANJUT SISWA. DIgital Library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (386Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (633Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (205Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (177Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (291Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (123Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (249Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (568Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (3418Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (7Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)
[img] File PDF
BAB V.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (318Kb)
[img] File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1000Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis masa lah pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan memberikan penje lasan sederhana dan penjelasan lanjut siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2011-2012 dengan kelas XI IPA1 dan XI IPA4 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan sederhana untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol ber turut-turut adalah 0,40 dan 0,16; dan rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan lanjut untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,31 dan 0,08. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran berbasis masalah memiliki keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut yang lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut siswa. Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:55
Terakhir diubah: 15 Jan 2016 03:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17830

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir