0813023050, Susi Susanti (2011) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA DAN PENJELASAN LANJUT SISWA. DIgital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (386Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (633Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (205Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (177Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (291Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (249Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (568Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (3418Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (7Mb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (5Mb) |
||
File PDF
BAB V.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (318Kb) |
||
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1000Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis masa lah pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan memberikan penje lasan sederhana dan penjelasan lanjut siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pringsewu tahun pelajaran 2011-2012 dengan kelas XI IPA1 dan XI IPA4 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Efektivitas pembelajaran berbasis masalah diukur berdasarkan peningkatan n-Gain yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan sederhana untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol ber turut-turut adalah 0,40 dan 0,16; dan rata-rata n-Gain keterampilan memberikan penjelasan lanjut untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 0,31 dan 0,08. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran berbasis masalah memiliki keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut yang lebih tinggi dibandingkan siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah efektif dalam meningkatkan keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut siswa. Kata kunci: Pembelajaran berbasis masalah, keterampilan memberikan penjelasan sederhana dan penjelasan lanjut.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | IC-STAR . 2015 |
Date Deposited: | 15 Jan 2016 03:55 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2016 03:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17830 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |